Minggu, 08 Februari 2015

Apa Saja Dasar-dasar Akuntansi Itu ?

Dasar Akuntansi Yang Sederhana


Oleh  EFDiahT

Dasar akuntansi, dari tema yang saya buat di atas tidak sekedar hanya sebatas tema saja. kenapa saya mengusung tema tersebut? Dari pengalaman saya dalam mempelajari ilmu akuntansi, hal dasar yang harus anda fahami dalam ilmu akuntansi adalah dasar akuntansi. Tingkat kesulitan yang saya dapatkan dalam proses belajar dasar akuntansi itu sangat minim sekali, dengan itu mengapa saya menetapkan kata-kata di atas sebagai tema pada obrolan ini.

Untuk memahami akuntansi, anda tidak diharuskan menghafal rumus apapun. Anda hanya perlu memahami apa itu dasar akuntansi. Pada umumnya dasar akuntansi disebut juga dengan istilah persamaan akuntansi. Bagi anda yang baru mengenal akuntansi, jangan bingung dengan istilah-istilah seperti itu. Anda boleh menyebutnya dengan dasar akuntansi atau juga dengan persamaan akuntansi, itu juga boleh yang penting anda tidak bingun dalam menyebutkan salah satunya. Jika masih bingung, anda boleh berpegangan dulu hehe.


Konsep Dasar Akuntansi

Persamaan Akuntansi atau Dasar Akuntansi
Persamaan akuntansi atau dasar akuntansi, bisa kita analogikan atau umpamakan seperti unit komputer. Anda tahu dong komputer, yang ada di depan anda ini namanya komputer jika anda belum tahu hehe. Okey kita lanjut, komputer terdiri dari CPU (control processing unit) atau mesin, monitor, keyboard, dan mouse, secara umum itulah kira-kira unit computer. Jika kita petakan lagi :

Unit Komputer = CPU + Monitor + Keyboard + Mouse

Jika salah satu bagian dari unit computer tidak ada, misalnya tidak ada CPU atau tidak ada monitor maka fungsi komputer tidak akan berjalan. Dengan kata lain, dengan tidak lengkapnya bagian dari computer maka kita tidak bisa mengatakan bahwa itu adalah unit computer.

Okey sekarang kita hubungkan dengan persamaan akuntansi atau dasar akuntansi. Secara umum persamaan akuntansi bisa kita gambarkan sebagai berikut :

Harta = Kewajiban + Modal

Saya tidak akan memberikan definisi dari gambaran di atas, tapi saya coba membantu anda memberikan pemahaman mengenai gambaran persamaan akuntansi. Jika anda ingin mengetahui definisi dari harta, kewajiban ataupun modal, anda tinggal Googling saja ya di internet, di Google banyak sekali website yang membahas masalah definisi mengenai harta, kewajiban dan modal.

Seperti halnya unit computer, pada masing-masing elemen atau bagian dari persamaan akuntansi harus saling melengkapi. Ada harta tentu saja harus ada kewajiban ataupun modal, dan begitu sebaliknya ada kewajiban dan modal tentu harta tidak boleh ketinggalan.

Deskripsi Persamaan Akuntansi
Kita perluas lagi obrolannya, umpamanya anda berniat untuk membuka usaha jualan gado-gado. Usahanya masih tetap sama “Jualan Gado-gado” seperti pada obrolan kita yang lalu mengenai akuntansi itu mudah, agar tetap nyambung yah. Anda membutuhkan dana sebesar Rp 1 juta untuk memulai usaha jualan gado-gado. Dana 1 juta tersebut anda peroleh dari dana pribadi Rp 750 ribu dan dana pinjaman Rp 250 ribu total 1 juta rupiah. Kemudaian seluruhnya anda investasikan pada usaha anda, gambarannya seperti ini :

ANDA    ================================>> USAHA JUAL GADO-GADO

1 Juta    ============= investasi ===========>> 1 Juta

Perlu anda ingat, dana Rp 1 juta yang anda miliki sudah anda investasikan kepada usaha jual gado-gado. Jadi, kepemilikan Rp 1 juta sudah tidak menjadi hak anda lagi, dalam hal ini kepemilikan berpindah kepada usaha “Jual gado-gado” anda. Masalah pemisahan kepemilikan akan kita diskusikan pada waktu yang berbeda okey, biar anda lebih fokus. Kita lanjut :

USAHA JUAL GADO-GADO => 1 Juta

Anda dan saya sepakat bahwa dana 1 juta sudah menjadi milik usaha “Jual gado-gado”. Adapun penjabarannya adalah Harta dari usaha Rp 1 Juta yang terdiri dari Pinjaman atau Kewajiban Rp 250 ribu dan Modal pribadi Rp 750.

Persamaan akuntansi :

Harta                     =             Kewajiban           +             Modal

1 Juta                    =             250 ribu                +             750 ribu

mudahkan ? jadi bagi yang mau mengambil jurusan akuntansi jangan ragu-ragu untuk mempelajarinya , okay semoga blog yang saya buat bisa bermanfat untuk anda , dan saya mohon bantuannya ikuti blog saya untuk membantu saya menyelesaikan tugas akhir sekolah saya terima kasih :0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai kak, sebelum ninggalin blog ini kasih jejak dong ke kolom komentar ini tentang blogku. Makasih :)